Membuat Daftar Pustaka Dengan Mudah


MEMBUAT DAFTAR PUSTAKA DENGAN MUDAH

Selamat pagi teman-teman, sudah cukup lama saya tidak menulis artikel lagi diblog ini, berhubung kali ini sedang masa tanggap darurat bencana Covid-19 sehingga aktivitas diluar rumah sudah diminimalisir maka saya akan kembali menulis diblog ini. Oke langsung saja kali ini saya akan berbagi tentang cara paling mudah membuat daftar pustaka, footnote, end note dengan mudah.

Langka 1
Buka Ms. Office kalian, selanjutnya klik menu References-Manage Sources. Maka tampilan akan seperti gambar dibawah ini. Langsung klik saja.



Langkah 2
Tampilan akan berubah seperti gambar dibawah ini:


Langkah 3
Dalam gambar tersebut tampilan masih tampak kosong, maka kita akan mulai isi dengan cara klik New. Maka tampilan berubah seperti gambar dibawah ini:


Langkah 4
Nah disitu sudah mulai banyak form yang perlu diisi, kita bisa memilih yang akan kita jadikan daftar pustaka dari buku saja.
Di Type of Source kita bisa memilih dari mana sumber yan akan kita input, bisa internet, buku, artikel ataupun jurnal.
Ø  Author diisi dengan nama pengarang (tidak perlu dibali, nanti aka otomatis)
Ø  Title diisi dengan judul buk yang akan kalian input
Ø  Year diisi dengan tahun terbit
Ø  City diisi dengan Kota terbit.
Ø  Publisher diisi dengan Penerbit.
Langkah 5
Itu tampilan yang sudah saya isi dengan data dari beberapa buka langsung saja klik ok. Maka tampilan akan seperti gambar dibawah ini.


Langkah 6
Maka tampilan data yang sudah diinput akan tersusun dalam master list. Seperti gambar dibawah ini. Kalau sudah klik ok.


Langkah 7
Menuju langkah terakhir, kalau data sudah terkumpul semua dalam master lis maka kita bisa lansung  Input Citasi secara langsung tanpa pakai ribet dan juga bisa menampilakan daftar pustaka yang tersusun secara sistematis secara cepat.
Ini tampilan ketika akan insert citasi kedalam paragraf, lansung saja menuju menu References lalu klik Insert Citation maka akan muncul daftar buka yang anda sudah diinput tadi.
Contoh citasi otomatis pada kotak merah

Caranya dengan klik daftar buku yang anda butuhkan, jangan lupa kursor taruh paling belakang paragraf



gambar diatas adalah tampilan ketika akan insert Daftar Pustaka, lansung saja menuju menu References lalu klik Bibiliography kalian bisa menggunakan Reference atau Bibiliography, lalu untuk style kalian bisa menyesuaikan kebijakan kampus masing masing-masing bisa menggunakan APA, CHICAGO, TURABIAN dll.

Bukankan itu sangat mudah dan cepat? Tanpa harus ribet menulis dibolak-balik, sekian dulu tulisan dari saya ini, semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang menulis karya tulis ilmiah, kalau ada yang perlu ditanyakan bisa DM langsung dimenu twitter ada disamping kanan.
Jangan Lupa Share yaaa.....



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak