MEMBUAT DAFTAR PUSTAKA
DENGAN MUDAH
Selamat pagi teman-teman,
sudah cukup lama saya tidak menulis artikel lagi diblog ini, berhubung kali ini
sedang masa tanggap darurat bencana Covid-19 sehingga aktivitas diluar rumah
sudah diminimalisir maka saya akan kembali menulis diblog ini. Oke langsung
saja kali ini saya akan berbagi tentang cara paling mudah membuat daftar
pustaka, footnote, end note dengan mudah.
Langka 1
Buka Ms. Office kalian,
selanjutnya klik menu References-Manage Sources. Maka tampilan akan seperti
gambar dibawah ini. Langsung klik saja.
Langkah 2
Tampilan akan berubah
seperti gambar dibawah ini:
Langkah 3
Dalam gambar tersebut
tampilan masih tampak kosong, maka kita akan mulai isi dengan cara klik New.
Maka tampilan berubah seperti gambar dibawah ini:
Langkah 4
Nah disitu sudah mulai
banyak form yang perlu diisi, kita bisa memilih yang akan kita jadikan daftar
pustaka dari buku saja.
Di Type of Source kita
bisa memilih dari mana sumber yan akan kita input, bisa internet, buku, artikel
ataupun jurnal.
Ø Author diisi dengan nama
pengarang (tidak perlu dibali, nanti aka otomatis)
Ø Title diisi dengan judul
buk yang akan kalian input
Ø Year diisi dengan tahun
terbit
Ø City diisi dengan Kota
terbit.
Ø Publisher diisi dengan
Penerbit.
Langkah 5
Itu tampilan yang sudah
saya isi dengan data dari beberapa buka langsung saja klik ok. Maka tampilan
akan seperti gambar dibawah ini.
Langkah 6
Maka tampilan data yang
sudah diinput akan tersusun dalam master list. Seperti gambar dibawah ini.
Kalau sudah klik ok.
Langkah 7
Menuju langkah terakhir, kalau
data sudah terkumpul semua dalam master lis maka kita bisa lansung Input Citasi secara langsung tanpa pakai
ribet dan juga bisa menampilakan daftar pustaka yang tersusun secara sistematis
secara cepat.
Ini tampilan ketika akan
insert citasi kedalam paragraf, lansung saja menuju menu References lalu klik
Insert Citation maka akan muncul daftar buka yang anda sudah diinput tadi.
Contoh citasi otomatis pada kotak merah
Caranya dengan klik daftar buku yang anda butuhkan, jangan lupa kursor taruh paling belakang paragraf
gambar diatas adalah tampilan ketika
akan insert Daftar Pustaka, lansung saja menuju menu References lalu klik
Bibiliography kalian bisa menggunakan Reference atau Bibiliography, lalu untuk
style kalian bisa menyesuaikan kebijakan kampus masing masing-masing bisa
menggunakan APA, CHICAGO, TURABIAN dll.
Bukankan itu sangat mudah
dan cepat? Tanpa harus ribet menulis dibolak-balik, sekian dulu tulisan dari
saya ini, semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang menulis karya tulis
ilmiah, kalau ada yang perlu ditanyakan bisa DM langsung dimenu twitter ada
disamping kanan.
Jangan Lupa Share
yaaa.....
Tags
Teknologi