Salat Sunah Berjamaah dan Munfarid | PAI VIII

 Salat Sunah Berjamaah dan Munfarid

    Salat sunah adalah salat yang apabila dilaksanakan mendapat pahala, sedangkan jika tidak melaksanakan tidak apa-apa. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa orang yang melaksanakan salat sunah akan memperoleh pahala sedangkan orang yang tidak melaksanakannya tergolong orang kurang beruntung karena tidak mendapat tambahan pahala dari Allah Swt. Di sinilah kalian dapat merasakan betapa Allah Swt. sangat sayang kepada manusia. Banyak sekali amalan-amalan sunah yang dapat dikerjakan untuk mendapatkan penghargaan dari Allah Swt.
1. Salat Sunah yang Dikerjakan Berjamaah
       Salat Idul Fitri adalah salat sunah yang dilakukan setiap tanggal 1 Syawal sesudah terbit matahari. Hukum melaksanakan salat Idul Fitri adalah sunah muakkad (sangat dianjurkan). Pengertian ‘‘id’ adalah kembali. Maksud kata kembali adalah kalian kembali dihalalkan untuk berbuka pada siang hari, misalnya makan dan minum yang pada bulan Ramadan sebelumnya dilarang sudah dibolehkan kembali. 
Pelaksanaan salat Idul Fitri:
  • Imam salat mengawali dengan niat dalam hati. Apabila niatnya diucapkan maka lafalnya:
  • Pada rakaat pertama setelah takbiratulihram dan membaca doa iftitah melakukan takbir tujuh kali. Disela-sela takbir disunahkan membaca:
  • Setelah takbir sebanyak 7x dilanjutkan dengan membaca surah al-Fatihah dan salah satu surah dalam al-Qur'an, diutamakan surah Qaf / surah al-A'la.
  • Kemudian dilanjutkan dengan rukuk, i'tidal, sujud, dan duduk diantara dua sujud, sujud kedua dan berdiri untuk rakaat kedua.
  • Pada rakaat kedua membaca takbir sebanya 5x
  • Dilanjutkan dengan membaca al-Fatihah dan salah satu surah dalam al-Quran, diutamakan surah al-Qamar atau al-Ghaisiyah
  • Kemudian dilanjukna dengan rukuk, i'tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, sujud kedua dan diakhiri dengan salam.
  • Dilanjutkan dengan Khutbah. Pembacaan khutbah sebanyak dua kali yaitu: pada khutbah pertama membaca takbir sebanyak 9x dan pada khutbah yang kedua membaca takbir sebanyak 7x
Setalah selesai salat idul fitri dianjurkan untuk bersalam-salaman dan saling memaafkan

Salat Sunah Idul Adha
    Salat Idul Adha atau yang sering disebut dengan idul kurban adalah salat sunah yang dilakukan setiap tanggal 10 Dzulhijah sesudah matahari terbit. Hukum melaksanakan salat idul adha adalah sunah muakad (sangat dianjurkan). Ketentuan dan pelaksanaan salat idul adha hampir sama dengan salat idul fitri. Perbedaan terletak pada bacaaan niat yang apabila dilafalkan :






Sumber: Buku Elektronik PAI-BP Kementrian Agama RI Tahun 2019



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak