Review Linux Mint

Tugas Mata Kuliah TIK 
Oleh : Miftakhuddin (1522503022)
Jurusan Sejarah Peradaban Islam 
Review Linux  Mint
    Bagi saya linux bukanlah sistem operasi yang asing dalam dunia teknologi, Pertama kali saya mengenal linux adalah waktu kelas 1 SMA pada mata pelajaran TIK dan pada waktu itu linux yang saya gunakan adalah ubuntu. Kemudian ketika di bangku perkuliahan saya mulai tertarik mencoba beberapa linux kubuntu, linux mint, dan garauda os. Karena bagi saya sangat mudah untuk instalasi linux hanya dengan modal flasdisk sudah bisa ganti-ganti linux. Akhirnya saya lebih memilih menggunakan Linux Mint 17.2 (Rafaela). Menurut saya linux mint adalah sistem operasi yang tak kalah dengan Windows, karena tampilan grafis Linux juga sangat elegan. Di bawah ini adalah tampilan awal dekstop Linux Mint 17.2. Menurut Wikipedia Linux Mint adalah sistem operasi Linux yang merupakan suatu distribusi Linux dengan basis Debian dan Ubuntu, dengan Linux Mint Debian Edition (LMDE) sebagai suatu alternatif yang sepenuhnya berbasis Debian. Aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. Walaupun inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, LinuxMint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu. 

 Ada beberapa hal menarik yang akan saya sedikit review mengenai Linux Mint 
  1. Performance Kalau bicara masalah kecepatan booting linux mint memang tidak secepat di windows 10 yang hanya membutuhkan waktu beberapa detik akan tetapi jika di bandingkan windows 7, Vista, linuk lebih cepat. Selain itu linux juga sedikit memakan memori, jadi lebih mudah untuk mengopersikan beberapa tugas dalam waktu yang bersamaan. Sistem operasi Linux sangat jarang terjadi Crash atau error seperti di Windows. 
  2. Start Menu Tampilan yang disajikan pengembang linux mint di start menu menurut saya sudah cukup elegan tidak kalah dengan windows dan di dalam star menu icon di pisahkan dengan box favorite sehingga mempermudah mencari aplikasi. Di bawah ini adalah salah satu tampilan star menu Linux Mint 17.2 Rafaela yang saya gunakan.
  3. Folder Management Kalau di windows biasanya lebih familiar dengan windows explorer, namu dilinux dikenal dengan istilah folder management. Tampilan folder management di linux mint sudah cukup lengkap menurut saya karena bisa diurutkan secara sistematis seperti di windows berdasarkan type, tanggal, jenis file. 
  4. Keamanan Di linux menurut saya cenderung lebih aman dari serangan virus trojan, saliti, wrom,. Selama menggunakan Linux saya tidak pernah menggunakan antivirus layaknya di windows. Dalam setiap perubahan pengaturan di linux, user harus menyertakan password sehingga keamanan di linux sangat teruji. 
  5. Pengaturan Bagi saya menu dan icon yang ada di pengaturan tampilannya lebih menarik dari windows. Tampilannya keren dengan variasi efek animasi, jadi lebih sejuk di pandang. Coba lihat beberapa icon yang di desain di bawah ini yang cukup menarik
  6. Bersifat Free atau Open-Source Berbeda dengan Sistem operasi Windows yang bersifat komersial, sistem operasi Linux bersifat gratis tanpa memerlukan serial key/ keygen dan bebas untuk di kembangkan sehingga anda tidak perlu takut terkena razia software terlebih bagi perusahaan-perusahaan. Demikian sedikit review saya mengenai linux mint yang saya gunakan, kurang lebih seperti itu fitur-fitur yang ditawarkan oleh pengembang Linux Mint dan tentunya masih banyak fitur menarik yang ditawarkan selain diatas. Walaupun saya tidak sepenuhnya menggunakan linux setidaknya saya telah mencoba sistem operasi yang open source. Saran bagi teman-teman yang ingin beralih keyakinan ke linux, bahwa di linux itu tidak selamanya sulit karena pada dasarnya fitur di dalamnya tidak jauh dari windows hanya saja beda istilahnya saja.
Sekian review Linux Mint yang pernah saya gunakan gan saran ane buat ente yang pengin coba linux bisa lewat boot usb dulu nanti kalau memang cocok bisa di instal di pc atu laptop ente gan...

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak